Cara Membatalkan Kesalahan Dan Melakukan Undo di Komputer

Pernahkah Anda membuat kesalahan besar saat melakukan pekerjaan di komputer dan berharap itu tidak terjadi? Jangan khawatir, ada fitur yang bisa membantu. Sebagian besar program memiliki perintah Undo yang kembali ke perubahan terakhir yang Anda buat untuk proyek Anda saat ini. Jika perubahan terakhir Anda menambahkan atau menempelkan teks ke dalam dokumen, Undo akan menghapusnya. Jika perubahan terakhir Anda menghapus sesuatu, Undo akan mengembalikannya. Ini bisa berguna ketika Anda secara tidak sengaja menimpa sebagian besar dokumen, dan hanya mengetahui fitur ini tersedia bisa sangat melegakan.

Fungsi Undo paling sering ditemukan di menu Edit.
Banyak program memiliki tombol Undo pada toolbar yang biasanya menyerupai panah melengkung menunjuk ke kiri, seperti yang satu ini di Google Docs.

Tombol Batalkan
Ctrl+Z (atau Command+Z pada Mac) adalah pintasan keyboard umum untuk Undo.

Biasanya, program dengan fungsi Undo melacak tidak hanya perubahan terbaru Anda tetapi seluruh rangkaian perubahan terbaru Anda. Misalnya, jika Anda menempelkan gambar dalam dokumen dan mengetikkan keterangan di bawahnya, menggunakan Undo sekali akan menghapus keterangan yang Anda ketik, saat menggunakan Undo untuk kedua kalinya akan menghapus gambar yang Anda tempelkan. Perlu diingat bahwa program-program ini hanya melacak perubahan Anda sebelumnya selama program terbuka. Jika Anda menutup file dan membukanya lagi, Anda tidak akan dapat membatalkan perubahan sebelumnya.

Banyak program juga memiliki fungsi Redo, yang akan membatalkan undo terakhir Anda. Jika Anda menggunakan Undo tetapi kemudian menyadari bahwa Anda tidak ingin Membatalkan perubahan terbaru Anda, Redo akan mengembalikannya. Banyak jenis program menggunakan fungsi Undo, termasuk pengolah kata, editor gambar, klien email, dan beberapa program manajemen file. Ini adalah fitur yang hampir universal dalam perangkat lunak komputer. Setelah Anda terbiasa dengan cara kerja Undo, Anda tidak perlu khawatir kehilangan pekerjaan karena kesalahan sederhana.




Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama