Peraturan Google Play Store Semakin Ketat



Hampir setiap pengguna android pasti sudah tidak asing dengan nama Google Play, Market terbesar untuk memasarkan aplikasi android yang digunakan oleh lebih banyak pengguna, bahkan pada saat ini untuk aplikasi yang tidak diinstal dari Google Play akan terkena sistem Play protect yang hampir sudah diberlakukan di semua perangkat android terbaru.

Google mengeluarkan sebuah kebijakan baru terkait keberadaan aplikasi Android yang ada di Play Store. Kebijakan baru itu diharapkan bisa menghilangkan penggunaan informasi yang menyesatkan, yang ditawarkan melalui listing di Play Store ke pengguna.

Lebih lanjut, perubahan kebijakan tersebut adalah penggunaan informasi pada judul aplikasi, ikon yang mirip dengan nama pengembang. Menurut Google, ini adalah pembaruan kebijakan yang penting, untuk meningkatkan kenyamanan para pengguna.

Penerapan tersebut mulai dari judul aplikasi, deskripsi singkat dan deskrips lengkap aplikasi, saat ini pihaknya tidak akan mengijinkan penggunaan indrikasi rangking dan promosi di dalam judul aplikasi. Tidak terkecuali promosi terselubung di dalam judul aplikasi seperti gratis ataupun diskon.

Selain itu google juga tidak akan mengijinkan aplikasi yang menyesatkan di dalam judul aplikasi seperti "download sekarang", penggunaan capslock yang tidak tepat, google juga akan membatasi judul aplikasi dari yang semula 50 karakter menjadi 30 karakter.

Beberapa aplikasi di Play Store selama ini juga ada yang terlihat menggunakan aset pratinjau yang menyesatkan, di mana pada dasarnya pratinjau yang digunakan itu diharapkan bisa memberikan gambaran yang akurat mengenai informasi dan fungsinya. Aset pratinjau ini harusnya menggunakan tangkapan layar di dalam aplikasi saat digunakan, cuplikan, dan informasi lebih lanjut dari aplikasi yang dicantumkan di halaman Play Store. 

Google dalam kebijakan baru ini akan menindak tegas pengembang aplikasi yang tidak mematuhi protokol ini. Segala bentuk aplikasi apapun itu nama dan pengembangnya, yang ditemukan telah melanggar kebijakan baru tersebut akan ditutup dan dihapus dari Play Store, terhitung mulai bulan Juli 2021 mendatang. 

Dengan kata lain, aplikasi yang melanggar kebijakan itu tidak akan mendapatkan izin untuk bisa ada di Play Store lagi. Pihak Google juga akan memberikan lebih banyak pembaruan dan peningkatan mengenai kebijakan baru tersebut.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama